BIAS di SDN 003 Tembilahan Hulu, Siswa Sekolah Diimunisasi Dipteri Tetanus Tetanus Diphiteria

BIAS di SDN 003 Tembilahan Hulu, Siswa Sekolah Diimunisasi Dipteri Tetanus Tetanus Diphiteria

Jumat, 08 November 2019

Indragirione.com,- Bulan Imunisasi Sekolah (BIAS) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 003, Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau diisi dengan kegiatan imuniasi Dt (Dipteri Tetanus) dan Td (Tetanus Diphiteria).

Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Hulu Rosdinah melalui Bidan Susianawati menyebut imunisasi Td diperlukan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi seperti difteri, tetanus dan batuk rejan (pertusis).

Imunisasi Dt dan Td sudah dilakukan sejak balita, dan dilanjutkan saat mulai memasuki bangku sekolah. “Imunisasi Dt sudah diberikan saat anak masih balita di Posyandu, mulai usia dua bulan hingga anak usia enam tahun, dengan dosis yang telah ditentukan, agar kebal pada sejumlah infeksi,” ungkap Bidan Susianawati, usai mengimunisasi siswa SDN 003 Tembilahan Hulu, Kecamatan Tembilahan Hulu Selasa (8/11/2019).

Sesuai jadwal BIAS, siswa di SDN 003 Tembilahan Hulu yang mendapatkan imunisasi Dt dan Td kali ini sebanyak 47 siswa. Susianawati, selaku bidan di Puskesmas Tembilahan Hulu menyebut, vaksin imunisasi sangat penting diberikan.

Kepada orangtua Siswa pihak puskesmas sudah menyosialisasikan pentingnya imunisasi. “Para orangtua selalu diingatkan, kapan terakhir anaknya menerima imunisasi Dt dan Td, sehingga jadwal berikutnya bisa dilakukan penambahan imunisasi,” tutur Bidan Susianawati.

Rohana, guru kelas di SDN 003 Tembilahan Hulu menyebut, kegiatan BIAS sangat bermanfaat bagi siswanya. Sebagai salah satu sekolah yang ada di Tembilahan Hulu, Bias menjadi bentuk perhatian dari petugas kesehatan. (fs)