Diprogram Ngopi Ceo Media Lokal, Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Imir Faisal Menceritakan Awal Mula Program Tentara Manunggal Membangun Desa

Diprogram Ngopi Ceo Media Lokal, Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Imir Faisal Menceritakan Awal Mula Program Tentara Manunggal Membangun Desa

Sabtu, 16 November 2019

Indragirione.com, - Pada mulanya program Kemanunggalan TNI dengan rakyat ini bukanlah bernama Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) melainkan ABRI Masuk Desa (AMD) yang merupakan cetusan dari Jenderal M.Jusuf pada tahun 1980.

Seiring perkembangan waktu dengan adanya Reformasi ABRI, dengan dipisahkannya Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan TNI pada tanggal 1 April 1999 ABRI Masuk Desa (AMD) berubah nama menjadi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Memang hal tersebut tidak banyak yang mengetahui tentang  AMD telah berubah menjadi TMMD, ini sudah berlangsung lama. Karena sejalan dengan pergerakan waktu TMMD tahun 2019 sudah yang ke-106, perlu diketahui dimasa lalu sekita tahun 80-an program ini terkenal dengan sebutan AMD.

Sedangkan untuk Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) awal masuknya TMMD bermula pada tahun 1995 yang mana pada saat itu masih bernama AMD.

Hal tersebut disebutkan Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Imir Faisal saat menjadi narasumber dalam program Ngobrol Pintar (NgoPi) yang dipandu oleh Bung Adit dan Bung Arbain baru-baru ini.

"Untuk Inhil pertama kali masuk TMMD yaitu pada tahun 1995," ungkap Letkol Inf Imir Faisal ketika menjawab pertanyaan dari Bung Adit.

Dikatakannya juga, program TMMD ini sangatlah membantu Pemerintah daerah dalam mewujudkan akselerasi proses pembangunan yang merata untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat daerah terpencil atau pelosok maupun Desa tertinggal.

"Disamping itu  melalui untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat program TMMD juga mempunyai misi yang mulia yakni mempertahankan semangat kekeluargaan dan budaya gotong royong”pungkasnya.