Kondisi Bayi Corneyus yang Sempat Viral Karena Gizi Buruk, Kini Mulai Membaik

Kondisi Bayi Corneyus yang Sempat Viral Karena Gizi Buruk, Kini Mulai Membaik

Selasa, 12 November 2019

Indragirione.com,- Bayi Corneyus (penderita gizi buruk) yang beberapa bulan lalu sempat viral dikunjungi Bupati Indragiri Hilir HM Wardan di RSUD Puri Husada Tembilahan, kini kondisinya mulai membaik.

Pada tanggal 13 Agustus 2019 lalu, berat badan Corneyus sempat menurun ke 5,1 kg BB 67 cm dengan diagnose Gizi Buruk + susp bronko pnemoni.

Menurut ibundanya BB anak lahir 3,2 kg di klinik swasta, umur 10 hari anak tersebut juga terkena penyakit kuning, demam tinggi dan kejang kejang.

Pada kunjungan tersebut Bupati HM Wardan selaku Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Dinas Kesehatan dan RSUD Puri Husada Tembilahan telah memfasilitasi dan menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan oleh pihak keluarga, baik administrasi dan kebutuhan lainnya.

Selain itu Organisasi Sosial Masyarakat Peduli Inhil (Orsos MPI) juga turut andil serta dalam penanganan Bayi Corneyus, karena MPI lah yang merujuk Corneyus ke RSUD Puri Husada Tembilahan dari Pulau Burung.

Menurut Kasi Kesehatan Keluarga Kesga dan Gizi Oktavina Andriyamarta Dinas Kesehatan saat dikonfirmasi media ini mengungkapkan kondisi Corneyus terus membaik di tempat tinggalnya di Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

"Meskipun berat badannya baru naik 1 kg dari berat sebelumnya, namun perubahan terus dirasakan, diantaranya sesak nafas sudah berkurang sehingga asupan makanan sudah mulai membaik," ungkap Oktavina Andriyamarta, Selasa (12/11/2019).

Ia juga mengatakan bahwa pihak Puskesmas Pulau Burung terus melakukan pemantauan dan kunjungan rumah secara berkala untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan tumbuh kembang Corneyus.

"Keadannya terus kami pantau melaui Puskesmas Pulau Burung, sambil memberikan makanan tambahan serta mengedukasi orang tua Corneyus tentang pola asuh anak yang benar. Harapan saya semoga dengan melakukan tata laksana pasien dengan benar, corneus akan sampai pada status gizi baik," pungkas Ibu Oktavina Andriyamarta. (fs)