KPLSI Penuhi Undangan Rumah Pintar Pemilu KPU Inhil

KPLSI Penuhi Undangan Rumah Pintar Pemilu KPU Inhil

Kamis, 14 November 2019

Indragirione.com,- Komunitas Penggiat Literasi dan Seni Inhil (KPLS Inhil) memenuhi undangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir untuk  berdiskusi dengan Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kabupaten Inhil.

Kegiatan langsung dibuka oleh Ketua KPU Inhil Herdian Azmi. Kegiatan tersebut sebagai langkah awal dalam memberikan informasi, masukan, dan pencerahan bagi kedua pihak.

"KPU melalui RPP menyediakan berbagai informasi dan data tentang pemilu, melakukan studi tentang pemilu dapat dijadikan sumber data primer atau kajian terhadap yang akan dibuat serta sebagai sarana edukasi dan pendidikan politik," ungkap Herdian Azmi.

Ketua KPU juga menyebutkan fasilitas dari RPP itu sendiri yaitu adanya ruangan diskusi, terdapat ruang informasi tentang RPP, pustaka mini, audio visual dan tersedianya film dokumenter tentang kepemiluan serta akan mengadakan sosialisasi RPP ke sekolah.

Sementara itu Ketua KPLSI Guslaini menjelaskan sejarah dan terbentuknya komunitas serta program apa saja yang sudah dilakukan.

"RPP diharapkan menjadi sarana  yang cerdas bagi pendidikan politik sejak dini baik kepada pelajar maupun masyarakat umumnya. RPP juga diharapkan dapat dijadikan sebagai tempat sarana edukasi bagi sekolah yang ingin berkunjung secara langsung dan bertanya," harap Ketua KPLSI

Bahkan KPLSI mengusulkan agar ada upaya dari KPU melalui RPP untuk membentuk tim relawan inti yang bisa memberikan sosialisasi ke sekolah-sekolah dengan diterbitkannya SK yang bisa melegalitaskan para penggiat bergerak sehingga adanya kerjasama dan sinergisitas diantara keduanya.

"Adanya pelatihan pendidikan politik yang tepat bukan hanya sebagai wacana tetapi pasca kegiatan ada karya yang bisa dijadikan sebagai bahan bacaan bagi pelajar atau masyarakat berupa buku antologi pendidikan politik," ujar Guslaini.

KPLS Inhil mendorong RPP sebagai sebuah wadah pencerdasan politik bagi masyarakat khususnya pelajar dan masyarakat Inhil.

RPP juga menyediakan logistik bagi sekolah yang membutuhkan untuk wadah pemilihan osis sekolah. Bahkan RPP siap membimbing panitia osis dalam hal pelatihan dan sistem e-voting jika dibutuhkan.

RPP bisa dikunjungi selama jam kerja oleh pihak sekolah yang membutuhkan infomasi tentang kepemiluan. Manfaatkan RPP sebagai sarana pencerdasan sebagai pendidikan politik sejak dini. (fs)