Pjs Danramil 08/Mandah Pelda Suriadi Berikan Wasbang di MAN 1 Mandah

Pjs Danramil 08/Mandah Pelda Suriadi Berikan Wasbang di MAN 1 Mandah

Senin, 18 November 2019

Indragirione.com,- Pjs Danramil 08/Mandah Pelda Suriadi memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada pelajar di MAN 1 Mandah, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, Senin (18/11/2019).

Wasbang Patriotisme bertema Nasionalisme Dan Bela Negara ini, diikuti sekitar 30 pelajar di MAN tersebut. "Selain untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, kegiatan ini untuk memupuk jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada para pelajar," kata Pjs Danramil 08/Mandah Pelda Suriadi usai memberikan materi Wasbang.

Pelda Suriadi mengatakan bahwa Wasbang harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta tanah air serta mengetahui dasar negara Indonesia yaitu Pancasila. "Jadi Wasbang ini sangat penting," kata dia.

Pada kegiatan tersebut, Pelda Suriadi mendorong minat generasi muda terkait pemahanan nilai-nilai Pancasila dan nilai-nilai luhur bangsa. "Tujuannya agar terbentuk generasi yang berjiwa nasionalisme dan patriot. Dan diharapkan juga para peserta bisa menerapkan ini dalam kehidupannya sehari-hari.

Dalam kegiatan ini juga, Pelda Suriadi mengenalkan kepada para peserta tentang wawasan Pancasila, konsep bela negara, cinta Tanah Air, serta sekilas tentang pertahanan negara dan nilai-nilai kebang­saan. “Pancasila itu bukan hanya sekadar hapalan saja, tapi pengamalan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya merupakan aspek penting," ujarnya.

Dengan diiringi nilai-nilai edukasi, para pelajar tampak begitu antusias mengikuti pembekalan Wasbang ini. "Kita berharap semoga melalui kegiatan ini dapat membe­rikan manfaat bagi mereka, teruma dalam melahirkan generasi yang nasionalis dan cinta Tanah Air,” kata salah seorang guru MAN 1 Mandah. (fs)