Yan Ekhsan Tembilahan Siap Beli Kelapa Masyarakat dengan Harga Rp 12.000/Kg Jika Sesuai Spesifikasi

Yan Ekhsan Tembilahan Siap Beli Kelapa Masyarakat dengan Harga Rp 12.000/Kg Jika Sesuai Spesifikasi

Senin, 18 November 2019

Indragirione.com,- Lembaga Pelatihan Keterampilan 8 Yan Ekhsan (LPK 8 YES) mengungkap siap menampung kelapa kopra putih masyarakat dengan harga pantastis.

“Jika sesuai spesifikasi, kita siap menampung dengan bandrol harga Rp 12.000 /Kilogramnya,” ujar Yan Ekhsan selaku Pendiri LPK 8 YES

Spesifikasi yang dimaksud adalah pengolahan kopra putih yang sangat memperhatikan kebersihan dan prosedur yang ketat, sehingga dihasilkan kopra putih yang kering, higienis, bersih dan bebas dari kontaminasi jamur serta memiliki warna putih mutiara beraroma harum kelapa atau Kopra putih edible.

Hal itu disampaikan Yan Ekhsan  saat menjadi narasumber pada acara  Ngobrol Pintar (Ngopi) bersama Bung AA di Hotel Inhil Pratama (IP) Tembilahan.

Dalam acara itu, Yan Ehksan juga menjelaskan sebuah perbandingan hasil yang didapat antara penjualan kelapa bulat dengan penjualan kelapa yang diolah menjadi kopra putih.

"Sederhananya dari 4 Kg kelapa bulat, jika diolah menjadi Kopra Putih akan menjadi 1 Kg kopra Putih, dengan perbandingan Empat banding Satu (4:1),” imbuhnya.

Anggap saja dari 4 Kg  kelapa bulat yang ukurannya kecil, dihargai 1.000 rupiah perkilogramnya. Jika di jual bulat, kita hanya mendapatkan 4.000 Rupiah (1.000 x 4 Kg). Namun, jika diolah menjadi kopra putih, dari 4 Kg kelapa bulat tersebut, akan menghasilkan 1Kg kopra putih. Dengan kalkulasi 1Kg x 12.000 =  12.000  Rupiah.

Bandingkan saja selisihnya, jika kita menjual kelapa bulat dengan di olah menjadi kopra putih, dan itu belum termasuk batok kelapanya, jika diolah menjadi arang juga memiliki nilai jual yang tinggi,” ungkap Yan Ekhsan.

Selain itu, LPK 8 Yan Ekhsan juga menyatakan siap memberikan pembelajaran pengolahan kopra putih yang bernilai  ekpor kepada masyarakat secara gratis.

“Kenapa harus ada pembelajaran, agar kwalitas yang dihasilkan memang benar-benar sesuai standar permintaan pasar. Siapapun yang datang ke LPK 8 akan tetap kita layani”, ucap Yan Ekhsan yang beralamat di Jalan Tanjung Priuk ujung, Tembilahan. (fs)