Disbun Inhil Adalan Pelatihan Membuat Kecap Bagi Pelatih DMIJ Plus Terintegrasi

Disbun Inhil Adalan Pelatihan Membuat Kecap Bagi Pelatih DMIJ Plus Terintegrasi

Rabu, 20 November 2019

Foto
Indragirione.com, - Produksi buah kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir cukup banyak dan pemanfaatannya masih terbatas dan kebanyakan diprioritaskan untuk kelapa yang juga berlimpah masih belum banyak alternatif untuk mengoptimalkan pemanfaatan air suatu produk yang murah dan pembuatannya mudah yaitu kecap manis dan asin, Oleh karena itu Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir Mengadakan Pelatihan pembuatan Kecap.

Narasumber Muhammad Nur Aziz Mengatakan," Kecap merupakan salah satu jenis bumbu masakan yang banyak disukai. Biasanya digunakan untuk campuran makan bubur, bakso, soto, sate dan banyak lagi makanan lainnya, dan bahkan penggunaannya telah sampai kepedalaman.

Pada prinsipnya, pembuatan kecap dan air buah kelapa sama dengan pembuatan kecap dan kacang kedelai; bahkan jauh lebih mudah dan tidak memakan waktu pembuatan yang terlalu lama.

Cara Pengolahannya :

1. Pehkak dan wijen disangrai, kemudian digiling halus.

2. Selanjutnya keluwak dan kemiri dihaluskan.

3. Air kelapa disaring dan sisa sabut kelapa dan kotoran lainnya, masukan ke dalam wajan yang telah disiapkan. Masukkan ulekan gula merah, ulekan bawang putih, kedelai bubuk (hasil proses penjamuran), keluwak, kemiri, pehkak dan wijen, kemudian dimasak hingga warnanya berubah menjadi kekuning-kuningan dan mulai kental.

4. Sereh dan laos dipipihkan, daun salam dan vetsin dimasukkan ke dalam wajan.

5. Panaskan terus di atas kompor dengan api kecil sambil diaduk selama kurang lebih 2 jam, hingga warna larutan berubah menjadi hitam dan kental. Setelah itu angkat dari kompor dan dinginkan.

6. Supaya tahan lebih lama, ke dalam kecap bisa ditambahkan natrium benzoat.

7. Selanjutnya disaring dan dimasukkan kedalam botol yang bersih dan steril. Untuk mendapatkan botol yang steril bisa dilakukan dengan cara merebus botol dalam wajan berisi air hingga mulut botol (terendam) selama kurang lebih 15 menit dan keningkan dengan posisi mulut botol di bawah.  Dan Kecap manis dan air kelapa siap digunakan atau dipasarkan.


Sementara Itu Kepala Dinas Perkebunan  Kabupaten Indragiri Hilir H Ediwan mengatakan,"Air kelapa merupakan bagian dan buah kelapa yang mempunyai kandungan nutrisi / zat gizi cukup lengkap bagi kesehatan manusia.


Pembuatan kecap di Indonesia kebanyakan dilakukan secara tradisional yaitu dengan fermentasi oleh kapang.
Menurut Standar Industri Indonesia (SII No. 32 th 1974), kecap adalah cairan kental yang mengandung protein yang diperoleh dari rebusan kedelai yang telah diragikan dan ditambahkan gula, garam serta rempah-rempah.

Keuntungan pembuatan kecap dan air kelapa antara lain prosesnya lebih cepat dan lebih mudah dan pada pembuatan kecap dan kedelai. Dengan penambahan kedelai atau tempe (1 kg / I0 liter untuk mutu I dan 0,7 kg / 10 liter untuk mutu II), kandungan proteinnya dapat memenuhi syarat mutu kecap.


"Dengan diadakanya pelatihan membuat kecap berhabahan kelapa ini bisa meningkatkan harga jual buah kelapa, meningkatkan kesejahteraan masyrakat dan memajukan Kabupaten Indragiri Hilir,"Jelasnya.( Fat)
http://www.indragirione.com/