Perkemahan Terpadu Akan Menjadi Agenda Rutin Kwarcab Inhil

Perkemahan Terpadu Akan Menjadi Agenda Rutin Kwarcab Inhil

Kamis, 21 November 2019

Indragirione.com, - Kerinduan akan tidur di tenda, beraktivitas di alam terbuka, bermain dengan alam serta bertemu dengan rekan-rekan sesama anggota pramuka dari Kwartir ranting(Kwaran) lain yang ada di wilayah Utara Indragiri Hilir(Inhil) menjadi pembangkit semangat para Anggota Pramuka muda dalam mengikuti Perkemahan Terpadu Wilayah Utara Indragiri Hilir(Inhil) yang diadakan di Sungai Guntung 21 sampai dengan 24 November 2019.

Meskipun kondisi bumi perkemahan(Buper) Raja Musa sungai Guntung Kwaran Kateman agak sedikit tidak bersahabat di karenakan turun nya hujan beberapa waktu sebelum di gelarnya acara perkemahan terpadu ini, tidak sedikitpun menyurutkan keinginan para peserta anggota pramuka muda untuk tetap hadir dan ikut andil dalam mengikuti kegiatan dalam perkemahan serta lomba-lomba yang dilaksanakan oleh panitia perkemahan.

Kegiatan perkemahan ini di laksanakan oleh Kwaran Kateman bertempat di Buper Raja Musa Sungai guntung dan di ikuti Kwaran Mandah, Kwaran Teluk Belengkong, Kwaran Pelangiran, Kwaran Pulau Burung serta Kwaran Kateman sebagai tuan rumah. Ada sekitar 1200 orang peserta yang hadir di perkemahan tersebut yang mana peserta tersebut berasal dari setiap Gugus Depan(Gudep) yang berpangkalan di setiap sekolah-sekolah yang berada di setiap Kwaran/Kecamatan wilayah utara Inhil.

Berkesempatan hadir serta membuka acara Perkemahan Terpadu Ketua Kwartir Cabang(Kwarcab) Inhil Kak Junaidy Ismail S.sos Msi. "Melalui Perkemahan Terpadu ini saya mengajak kita semua para pembina, andalan cabang dan ranting serta para pelatih pembina pramuka untuk menekankan pembelajaran disiplin terhadap para peserta didik agar mereka lebih mandiri dan menumbuhkan jiwa sosial, peduli terhadap sesama serta lebih peka terhadap lingkungan dimana mereka berada nantinya"ujar Junaidy Ismail yang juga sebagai Kadisporabudpar Inhil.

Lomba cerdas tangkas, lomba tali temali, lomba pionering, lomba pentas seni, lomba baris berbaris Pramuka, lomba hiking penggalang dan Lomba lintas alam penegak yang turut di lombakan dalam acara kemah terpadu ini. Adapun tim juri lomba berasal dari andalan cabang(ancab) Inhil dari Tembilahan yang berkesempatan hadir yaitu Kak H. Zulkarnaen(sekretaris Kwarcab inhil), Kak Kamsul Arifin S.sos(sekretaris pusdiklat inhil), Raja Darwis, Darwisman S.sos, Arafah Karim, Abd Rahman, Lovita Budyanto, fauzan Basri, Saifi, Irhamna dan di bantu oleh beberapa adik-adik dari anggota Dewan Kerja Cabang Inhil.

Penggalang dan Penegak yang menjadi peserta sangat antusias sekali dalam mengikuti setiap lomba, mereka slalu tidak ingin ketinggalan serta terlambat hadir dilapangan untuk berlomba. Namun lomba bukanlah tujuan utama mereka melainkan terjalin nya kebersamaan saling tukar ilmu antar sesama peserta dan bertambah nya teman-teman merekalah yg jadi pemicu meriahnya kegiatan Perkemahan Terpadu Wilayah Utara Inhil ini.


Siaga yang merupakan adik termuda di kepramukaan juga akan ikut andil dalam kegiatan kemah terpadu ini, siaga akan ikut kemah juga tapi cuma satu hari yang dinamakan Persari(perkemahan satu hari), siaga akan berlomba makan kerupuk, mancing botol, lari dalam karung, terompah raksasa.

"Perkemahan Terpadu ini akan menjadi agenda rutin Kwarcab Inhil yang mana untuk tahun berikutnya kembali akan diadakan di Kwaran lain di wilayah Utara Inhil ini, semoga kegiatan kemah terpadu ini dapat membentuk karakter muda yang bertanggung jawab serta dapat di percaya di masa ini dan yang akan datang" tutup Junaidy Ismail.