Kabupaten Inhil Perdana Peringati Hari Disabilitas Internasional

Kabupaten Inhil Perdana Peringati Hari Disabilitas Internasional

Selasa, 03 Desember 2019

Indragirione.com,- Peringatan hari disabilitas Internasional tahun 2019, yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2019 adalah pertama kali diadakan di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, tepatnya di Lapangan Sepak bola Sungai Beringin Tembilahan, Selasa (4/12/2019)

Peringatan ini disponsori oleh NPC (National Paralympic Commitee) cab Indragiri Hilir, yaitu organisasi olahraga bagi penyandang disabilitas bekerja sama dengan FKO ABK Inhil (Forum Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus).

Dalam peringatan ini juga dilakukan peresmian kantor NPC cab Indragiri Hilir dan exibisi atlet NPC dalam persiapan mengikuti Pepaprov III Pekanbaru dan Peparnas XVI Papua Barat tahun 2020.

Dimana secara simbolis exibisi atlet dibuka oleh Bapak Sudinoto selaku asisten tiga Kabupaten Indragiri Hilir.

"Ada beberapa cabang olahraga yang akan diikuti para atlet yaitu cabang atletik terdiri lari 100m, 200m, 400m, 800m, 1500m, lempar cakram, lempar lembing dan tolak peluru. Selain itu juga ada cabang bulutangkis, tenis meja dan renang," sebut Sudinoto.

Ia mengatakan, Indragiri Hilir masih kesulitan mencari atlet disabilitas dengan kategori yang sesuai dengan ketentuan. Untuk itu NPC berkoordinasi dengan FKO ABK Inhil dalam pencarian penyandang disabilitas yang berbakat dan berpotenis untuk dibina sebagai atlet NPC.

Bayu Fajar Susanto, SE selaku ketua FKO ABK Inhil menyampaikan dalam sambutannya bahwa jumlah anak berkebutuhan khusus dan penyandang disabilitas semakin meningkat.

"Dengan adanya peningkatan tersebut, sehingga perlu adanya penanganan serius dari pihak terkait untuk membantu meraka dalam berbagai kebutuhan termasuk mendapatkan kesempatan berprestasi," ujarnya.

Pembinaan atlet dilakukan secara rutin dengan mengadakan latihan setiap sore pada hari Senin, Rabu dan Jumat di stadion bola Tembilahan yang diikuti anak berkebutuhan khusus dan atlet NPC. Hal ini memberikan semangat buat orang tua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus untuk mengembangkan bakat anaknya dibidang olahraga.

"Prestasi yang telah dipersembahkan atlet NPC Inhil yaitu juara peparnas tahun 2017 dan pepaprov tahun 2018 di Pekanbaru. Dengan pembinaan yang intensif semoga atlet- atlet NPC Inhil bisa kembali meraih juara tahun depan di pepaprov Pekanbaru dan Peparnas di Papua Barat," tutur Fajar

Laporan Fajar Satria